ANJURAN

Jika teman² suka dengan blog ane, silahkan berkunjung kembali. Karena konten akan selalu diupdate dan ditambahkan setiap minggunya. Terimakasih. ^_^

14 January 2014

Belajar Blogging Bagian Kedua

Sebelumnya ane pernah posting Belajar Blogging Bagian Pertama, sudah pada baca? Kalau belum, silahkan dibuka dulu, karena ada free e-book dari ane. Dan ini adalah Belajar Blogging Bagian Kedua, yang akan menjadi landasan pokok teman² semua dalam blogging, ga perlu banyak cingcong ya ane..


Belajar Blogging Bagian Kedua adalah tata cara ngeblog yang baik, yang juga dilakukan oleh para blogger profesional seperti yang pernah kalian lihat dan dengar. Dimana letak penilaian cara ngeblog yang baik adalah terletak pada proses yang akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Belajar Blogging Bagian Kedua, inilah step²nya.
  1. Persiapkan materi untuk di publish kelak, ini penting karena blog tanpa konten adalah blog mati. Persiapkan minimal 10 materi yang akan dipublish di blog teman² semua, materi tersebut terserah mau dapat darimana, mau copas, AGC (Auto Generate Content), atau orisinil dari pikiran teman² semua. Sumber referensi juga ane serahin kepada teman² semua. Dan ane sarankan untuk menentukan 1 Tema atau Topik dalam 1 blognya, kecuali blog yang akan dibuat adalah blog pribadi.
  2. Setelah kita tahu apa yang akan kita posting di blog, maka tentukan platform yang tepat sebagai media blogging. Ada banyak platform yang ditawarkan di internet.
    • Blogger subdomain gratis yang diberikan oleh Google, url hasilnya (http://blogteman2.blogspot.com), kelemahannya adalah sulit diatur CMS dan SEO nya.
    • Wordpress jika langsung ke situsnya maka teman² hanya mendapatkan subdomain dari wordpress, tidak bisa dimonetize dan diedit templatenya, contoh url (http://blogteman2.wordpress.com), kecuali teman² menginstall fantastico ke hosting yang teman² punya.
    • Tumblr, platform ini gratis juga. Namun kebanyakan konten yang ada di tumblr adalah konten bergambar. contoh url (http://blogteman2.tumblr.com). 
    • Dan masih banyak lagi.
  3. Sudah dapat menentukan platform mana yang akan dipergunakan?? Next step adalah TENTUKAN NICHE. Definisinya adalah menciptakan sebuah blog untuk keperluan pasar tertentu, yang bisa diartikan blog tersebut diperuntukan untuk target yang seperti apa. Hal ini terkait dengan penentuan nama domain dan/atau sub-domain yang diberikan oleh platform blog. Misalnya niche terkait dengan masyarakat hukum, http://cloud-law.blogspot.com (blog yang isinya tentang produk hukum, pendapat hukum, artikel² hukum, dan yang berhubungan dengan hukum).
  4. Niche dan nama blog sudah, sekarang yang tidak kalah pentingnya yakni Keyword. Setiap blog yang bertujuan menarik minat pembaca dan gampang diindex oleh Google memiliki Keyword. Biasakanlah untuk research terlebih dahulu ke Google Adwords(sign in)>Tool>Keyword Planner. Tunggu pembahasan berikutnya. Penempatannya bisa diberbagai macam tempat, tempatkanlah di :
    • Headline Blog. 
    • Deskripsi Blog
    • Judul Artikel
    • Custom URL
    • Paragraf Pertama, Kedua, dan Terakhir
    • Meta tag
    • Alt Pictures
    • Komen atau shoutbox, jika teman² sedang Blogwalking.
    • Tidak boleh melebihi 7% dari konten atau artikel tersebut, akan dianggap spam oleh mesin pencari.
  5. Persiapkan sitemap blog teman². Setiap blog/situs memiliki sitemap.
    • http://blogteman2.blogspot.com/atom.xml
    • http://blogteman2.wordpress.com/sitemap.xml
    • Jika tidak ada, silahkan pakai plugin atau kunjungi situs pembuat sitemap dari masing² platform, di Google banyak yang menyediakan situs pembuat sitemap.
  6. Daftarkan blog yang teman² punya ke Google, Bing, Dmoz.org dan mesin pencari lainya.
  7.  Ping Blog teman² setidaknya seminggu sekali, terkadang indexing yang dilakukan oleh mesin pencari akan memakan waktu yang cukup lama.
  8. Sosialisasikan tulisan teman² ke media jejaring sosial seperti facebook, twitter, path, LinkedIn, Myspace, Friendster dan sebagainya, selain itu juga di forum² ysng memiliki traffik cukup tinggi seperti Kaskus, Krucil, dan lain-lain. Disertakan url link dari artikel tersebut, pergunakan tools shorten links yang ada di goo.gl atau di bit.ly, sebaiknya tidak menggunakan link yang berbayar seperti adf.ly dsb.
Cukup sekian pembahasan Belajar Blogging Bagian Kedua, semoga bisa bermanfaat bagi teman². Dan jadilah BLOGGER NATURAL, Google dan mesin pencari lainnya menyukai orang² yang memiliki passion untuk menulis, membagi ilmu dan tidak dipaksakan. Silahkan teman² bandingkan antara blog yang dioptimasi dengan berbagai macam tehnik dengan blog yang tidak pernah dioptimasi (mengandalkan konten dan popularitas).


<data:blog.pageTitle/>Belajar Blogging Bagian Kedua <data:blog.pageName/>Belajar Blogging Bagian Kedua

No comments :

Post a Comment

Etika Komentar Sebaiknya :
1. Tidak menyertakan live link atau keyword.
2. Usahakan sesuai dengan isi blog.
3. Tidak untuk Spam.
4. Kritik yang membangun, atau Oto Kritik.
5. Hargai pendapat dari komentator dan penulis.

comment backlink no follow no index :D

Terima Kasih.... :)