ANJURAN

Jika teman² suka dengan blog ane, silahkan berkunjung kembali. Karena konten akan selalu diupdate dan ditambahkan setiap minggunya. Terimakasih. ^_^

02 January 2014

[CURHAT] Tentang Manfaat Bergabung di Komunitas Blogger Jogja

<data:blog.pageTitle/>Tentang Manfaat Bergabung di Komunitas Blogger Jogja <data:blog.pageName/>Tentang Manfaat Bergabung di Komunitas Blogger Jogja
Assalamu'alaikum wr.wb.

          Hari ini ane mau curhat tentang "Manfaat Bergabung di Komunitas Blogger Jogja" yang kebetulan ane terdaftar sebagai member disana meskipun keanggotaan ane terhitung masih baru dan belum memiliki Kartu Tanda Anggota (maaf ane kelupaan bayar part 1). Disini ane mau membagikan beberapa manfaatnya kepada teman² semua terutama yang suka ngeblog alias blogging.

                Ane mulai dari kenapa harus Komunitas Blogger Jogja? Berawal dari teman ane yang bernama R. Satriyo Devamelodica ngajak ane untuk ikutan kopdar KBJ di food court JEC, tapi kebetulan ane lagi ga bisa hadir. Kemudian diajak kembali di acara kopdarnya di sebuah kafe di daerah glagahsari yang kebetulan juga dekat dengan rumah ane akhirnya ane datang ke kopdar tersebut. Walaupun masih malu² karena belum mengenal mereka semua, tapi ketika pertama kali itu ane ikutan kopdar, sambutannya cukup hangat oleh beberapa blogger yang ane yakin punya reputasi tersendiri di KBJ. Kenapa juga harus KBJ? Menurut ane komunitas yang satu ini memiliki visi yang jelas ke depannya, dan diisi dengan pengurus yang menurut ane cukup berpengalaman mengurusi organisasi. Kalau tidak salah waktu itu teman² pengurus KBJ sedang mengurusi event Kopdar Blogger Nusantara yang cukup fenomenal.

              Komunitas Blogger Jogja tidak hanya sekumpulan orang iseng yang punya hobi ngeblog. Tapi di komunitas blogger jogja kita sama² belajar bagaimana cara menjadi seorang blogger yang baik. Disini diajari tentang Search Engine Optimization (baca:SEO), membuat backlink yang baik, mereview produk/perusahaan/tempat nongkrong/dsb, membuat template (walaupun ane belum dapat ilmunya), berorganisasi, menjalin silahturahmi, memilih hosting untuk blog, dan lain sebagainya.

             Manfaat lainnya yaitu kopdar rutin setiap bulan yang dilakukan teman² KBJ membuat kita selalu merasakan hangatnya persahabatan antar blogger dan selalu ada share tips dan trik ngeblog. Di event terakhir mas sutopo (author dari sutopo.com) mengajarkan kita tentang SEO backlink footprint yang sangat berguna untuk menaikkan jumlah backlink tentunya. Ane awalnya pusing mendengarkan penjelasannya, karmena ane sama sekali buta masalah skrip² pencarian di google dan skrip html untuk diterapkan di template blog. Dan ane merasa tidak pernah puas untuk menjadi seorang blogger, karena kita harus selalu update dengan berita² yang ada di hampir semua media massa sebagai bahan referensi tulisan kita dan masih banyak yang harus dipelajari dari dunia internet sekarang ini. Tapi Alhamdulillah-nya teman² dari komunitas blogger jogja terbuka untuk membagi ilmunya dan sama² mau belajar dari setiap ilmunya.

                Ada juga manfaat kita bisa bertemu banyak orang yang tentu saja menambah jaringan pertemanan yang sudah kita buat sebelumnya, ini sangat bermanfaat bagi teman² yang memiliki bisnis, entah bisnis offline ataupun bisnis online diberbagai macam platform. Seperti yang ane dapat sewaktu Qwordsroadshow KBJ di angkringan galau. Disitu ane mendapatkan kontak dari seorang penyiar radio di bandung, sewaktu kopdar tersebut beliau bekerja sebagai Master of Cangkem (MC) oleh pihak Qwords.com. Orangnya menarik (cantik), cukup cerdas, dan terbuka untuk menjalin pertemanan. Bisa jadi dari beliau ane bisa mendapatkan jaringan yang lebih luas lagi, karena rencana tahun ini ane berkeinginan untuk membuat suatu perusahaan management kecil yang membutuhkan banyak jaringan.

                Banyaknya anggota di dalam komunitas blogger jogja juga membuat daya Tarik tersendiri, karena masing² orang memiliki pemikiran dan secara otomatis setiap postingan diblognya masing² berbeda. Kesamaan tulisan hanya kebetulan karena pada dasarnya kita memiliki interest yang cukup sama di hampir setiap postingan di blog jika ada suatu kontes blog. Ane tertarik mempelajari kebiasaan² mereka dalam memposting suatu artikel dalam setiap post blognya, apa yang menjadi ciri khas dan faktor² apa saja yang membuat tulisan itu menarik (dari konten, bukan dari keyword yang terkandung didalamnya). Ane sudah lama nge-blog namun selalu saja unique visitor yang datang belum memuaskan secara kualitas dan secara pendapatan ane di google adsense pun sangat tidak memuaskan.

              Yang ane rasakan kekurangannya adalah komunitas blogger jogja belum memiliki basecamp yang jelas dan tempat kopdar rutin yang tetap, berhubung luasnya wilayah jogja yang membuat kemungkinan besar banyaknya blogger jogja yang mengalami kesulitan jika harus kopdar atau sekedar ngobrol² di angkringan/kafe dalam waktu yang lama, seperti ane yang kebetulan rumahnya didaerah selatan dan ingin menghadiri kopdar desember kemarin di daerah condong catur yang secara notabene berada di wilayah utara jogja. Namun kemarin ini ane memiliki tekad untuk menghadirinya meskipun telat dan hanya sebentar (padahal sampai acara habis). Pada dasarnya setiap blogger memiliki kesibukannya masing². Sama seperti ane ikut dalam kopdar rutin kaskus regional Yogyakarta (baca:eRYe), ane juga semakin jarang ikut turut serta dalam agenda mereka.

                 Haduh ini kibor tambahan kok pake error pas lagi enak nulis…. Dan terus terang pacar ane tidak mendukung ane sebagai blogger, dianggapnya buang² waktu dan tenaga mungkin juga karena ane tidak pernah bekerja kembali sebagai pekerja formal yang harus dikantor berhadapan dengan orang dan manager. Padahal kerja di dunia internet jauh lebih capek dan menyita banyak waktu, jumlah jam kerja orang yang bekerja di dunia internet tidak bisa ditentukan. Ibarat kata kalau sudah "autis" didepan layar monitor laptop atau desktop, bisa lupa waktu. Bener ga?

            Mungkin sekian dulu dari ane, ini sekedar curahan hati dari seorang blogger yang ikut²an di komunitas blogger jogja. Ane bersyukur bisa jadi member komunitas blogger jogja, walaupun tidak secara rutin aktif dalam kegiatan dan kopdar² rutinnya.

Jika ingin join dalam Komunitas Blogger Jogja, bisa mengunjungi bloggerjogja.org dan/atau join grup facebook Komunitas Blogger Jogja.

 
Wassalamu'alaikum
baca juga :
Tempat Karaoke
Mobil Sedan Corolla
This Holiday Offer from Amazon [Promo]

10 comments :

  1. KEren mas....??
    join di blog ane ya..??

    ReplyDelete
  2. Saya juga sering berkunjung ke bloggerjogja gan. . .,menarik blognya.

    ReplyDelete
  3. KBJ baru setahun ya bro..
    anggotanya harus orang Jogja kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg dari luar kota kok oom..

      Delete
  4. wah keren saya malah belum sempet bisa gabung mas sedih T.T

    ReplyDelete
  5. piye saiki,,, udah ada basecampnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Wolez Cafe,,, kalau belum berubah

      Delete
  6. keren bang pen ikut juga, ane newbee silahkan berkunjung balik yah bang, klo bisa sekalian minta kritik sama saran di sini http://bagushardono.blogspot.co.id/ hehehe

    ReplyDelete
  7. wah, boleh ikutannn nichh . .. kapan2x

    ReplyDelete

Etika Komentar Sebaiknya :
1. Tidak menyertakan live link atau keyword.
2. Usahakan sesuai dengan isi blog.
3. Tidak untuk Spam.
4. Kritik yang membangun, atau Oto Kritik.
5. Hargai pendapat dari komentator dan penulis.

comment backlink no follow no index :D

Terima Kasih.... :)